• 62 8123070905
  • denditour@gmail.com

Wisata Silk Museum Jepang

Wisata Silk Museum Jepang

Wisata Silk Museum Jepang

Wisata Silk Museum Jepang

Yokohama merupakan kota industri dimana dikota ini merupakan kota rantauan atau kota pedagang, banyak imigran menetap dikota tersebut untuk berjualan baik rempah-rempah, kain sutra, ataupun makanan. Sehingga tak heran jika anda akan bertemu banyak masyarakat berkewarganegaraan lain dikota ini.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai wisata museum sutra yang terdapat dikota Yokohama Jepang, dimana didalam museum ini akan divisualisasikan mengenai pembuatan kain sutra serta proses pembuatan kimono Jepang.

Museum Silk Yokohama Jepang

Merupakan museum dengan tema sutera yang berlokasi dekat jembatan Osanbashi di Yokohama. Museum ini menyajikan bagaima proses pembuatan kain sutera secara tradisional. Observasi dimulai dengan mengamati ulat sutera dalam membuat kepompong.

Selanjutnya anda akan diajarkan proses “Itokuri” yakni proses pelepasan benang dan kepompong, dan juga “Hatta-ori,” Proses menenun kain dari benang. Jika dilihat dari banyaknya proses yang dilalui sebelum terbentuknya kain sutera, sudah wajar bila harga kain sutera yang mahal karena sesuai dengan proses pembuatannya.

Akses Lokasi

Museum ini berlokasi di 1st Yamashita Town, Naka-ku , Yokohama City, 231-0023, Japan 2nd floor, Silk Center. Untuk menuju Kawasan museum anda cukup berjalan kaki selama 3 menit dari Stasiun Nihon Odori di Jalur Kereta Bawah Tanah Minato Mirai.

Mengenai Museum Sutera

Gedung museum sutera Yokohama memiliki 2 lantai, dimana zona lantai pertama terdiri dari: Zona pengenalan Sutra, Zona Pembelajaran, Zona Produksi Sutra dan Zona Sejarah Sutra (Seluruh Dunia). Di sini Anda bisa belajar tentang bagaimana ulat sutra membuat serat yang akhirnya diproduksi menjadi bahan mengkilap, selain  itu anda bisa juga membeli kain sutera sebagai souvenir untuk dibawa pulang.

Sedangkan zona lantai kedua dikhususkan untuk mempelajari sejarah penggunaan kain sutra di Jepang, dengan menampilkan berbagai pakaian tradisional seperti kimono yang telah dibuat untuk dipamerkan ke semua pengunjung. Disini anda akan diajak mewarnai kain sutra agar lebih estetik. 

Jam Buka dan Biaya Masuk

Museum ini buka setiap hari pukul 09.00 – 17.00, dimana untuk biaya masuk yakni sebesar 500 Yen untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak sebesar 300 Yen.

Dina Maulidiyah

Leave a Reply