• 62 8123070905
  • denditour@gmail.com

Mengenal Ramen, Masakah Khas Jepang

Mengenal Ramen, Masakah Khas Jepang

Mengenal Ramen, Masakah Khas Jepang

“Mengenal Ramen, Masakah Khas Jepang”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Negara Jepang merupakan negara dengan kebudayaan yang beragam, salah satu kebudayaan Jepang yang menarik untuk dicoba dan dipelajari adalah kebudayaan tentang makanan tradisional khas Jepang yang memiliki cita rasa yang khas dan unik serta berbeda dengan kuliner tradisional dari negara lain, salah satunya adalah “Ramen” dengan aneka rasa yang berbeda.

Ramen

Merupakan olahan makanan  khas Jepang yang terbuat dari bahan dasar mie yang berkuah. Ciri khas ramen dapat terlihat dari bentuk mie tipis yang berwarna kuning. Kaldu adalah unsur kunci yang sangat penting karena menentukan rasa hidangan ramen.

_________________________

PowerPoint (PDF):

Ramen, Pernah Pencicipi?

_________________________

Selain itu untuk menyajikan ramen agar terlihat menggugah selera siapa saja yang melihatnya, dibutuhkan beberapa toping pelangkap seperti jamur, telur, daging sapi/ayam, sosis, dan bawang sebagai pelengkapnya.

Pelancong Muslim

Untuk para muslim traveler, tahukah Anda bila ternyata ada beberapa ramen yang menggunakan bahan dasar babi? Untuk itu inilah beberapa tips membeli ramen halal di Jepang:

  • Anda dapat melihat label halal dari kemasan produk ataupun spanduk di depan toko sebelum membelinya
  • Pelajari cara membaca bahan pembuatan ramen khas Jepang
  • Lihat review sebelum membeli.

Selain itu, anda dapat bertanya terlebih dahulu kepada pramusaji restoran apakah ramen yang dibuat menggunakan daging babi ataukah daging sapi/ daging ayam.

Story Of Ramen

Bagaimana sejarah munculnya Ramen? Ramen merupakan mie kuah Jepang yang sebenarnya berasal dari China. Ramen pertama kali diciptakan di Jepang pada tahun 1910, dimana pada saat itu ada seorang koki yang berasal dari China yang bekerja di Rairakan Tokyo.

Cita Rasa Ramen

Ramen memiliki cita rasa yang berbeda dari mie rebus, karena bumbu yang digunakan khas yaitu togarashi (bubuk cabai Jepang), lada sansho yuzukusho (cabai yang diasinkan), mayu (minyak bawang putih), dan beberapa bahan lainnya.

Ramen terdiri dari tiga unsur: mie Cina, air kaldu, dan berbagai bahan seperti irisan daging sapi panggang, bumbu penyedap dari olahan bambu, dan daun bawang cincang.

Tipe-Tipe Ramen
  • Shōyu (醤油—kecap) : Ramen jenis tertua di Jepang yang memiliki tekstur bening kecoklatan, yang terbuat dari bahan dasar ayam dan sayuran yang dibumbui dengan kecap.
  • Shio (塩—asin) : Ramen kuah asin yang bewarna pucat bening kekuningan, terbuat dari bahan dasar garam yang dikombinasikan dengan daging ayam dan sayuran.
  • Miso (味噌) : Merupakan ramen jenis baru yang pertama diracik di Hokkaido dengan perpaduan miso dan kaldu ayam atau ikan.
  • Kari (カレー) : Ramen yang memiliki kuah dengan tekstur yang kental dengan warna coklat yang lebih pekat , semakin banyak rempah yang digunakan semakin nikmat rasa dari kaldu ramen tersebut.

Baca juga: Kuliner Halal di Jepang

Demikian, sekilas info tentang Mengenal Ramen, Masakah Khas Jepang. Semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

____________________________

Denditour.com

Follow Instagram: @denditour

Explore: Japan Tourism & Souvenir
denditour

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: